Mengenal Jendela Kerja Adobe Flash CS6
Layar Flash terbagi dalam 7 area utama yaitu, Menu
Bar, Layer, Panel Properties, Toolbar, Timeline, Stage, dan Panel.
Berikut merupakan tampilan standar jendela kerja Adobe Flash CS3 Professional
saat anda memulai file baru.
Berikut sedikit penjelasan
mengenai area kerja Flash.
1. Menu Bar
Berisi kumpulan menu atau perintah
- perintah serta menyediakan akses cepat menuju tool - tool yang umum
digunakan.
2. Toolbar / Toolbox
Panel yang berisi berbagai macam
tool yang digunakan untuk membuat animasi.
2.
Subselection Tool (A)
Alat
ini digunakan untuk memilih, menarik, dan membentuk kembali suatu obyek. Grafik
vektor terdiri dari garis dan kurva yang dihubungkan oleh ancor point. Saat
obyek terseleksi dengan subselection tool akan menampilkan ancor point dan
memungkinkan untuk mengedit obyek.
3.
Free Transform Tool (Q)
Alat
ini digunakan untuk memutar (rotate), skala (scale), miring (skew), dan
mendistorsi (distort) obyek.
4.
Gradient Transform Tool (F)
Alat
ini digunakan untuk mengubah arah gradasi warna dengan menyesuaikan ukuran,
arah, atau pusat warna.
5.
3D Rotation Tool (W)
Alat
ini digunakan untuk membuat efek 3D dengan memutar movie clip dalam ruang 3D
pada stage
6.
3D Translation Tool (G)
Alat
ini digunakan untuk membuat efek 3D dengan memindahkan movie clip dalam ruang
3D pada stage
7.
Lasso Tool (L)
Alat
ini digunakan untuk memilih obyek atau bagian dari obyek sesuai gerakan mouse
dengan menggambar tangan bebas .
8.
Pen Tool (P)
Alat
ini digunakan untuk menggambar garis dan kurva dengan membuat serangkaian
titik, yang dikenal sebagai ancor point, yang terhubung secara otomatis.
9.
Text Tool (T)
Alat
ini digunakan untuk membuat dan mengedit teks
10.
Line Tool (N)
Alat
ini digunakan untuk menggambar garis lurus. Untuk menghasilkan garis vertikal,
horizontal, dan 45° dapat dilakukan dengan cara menekan dan menahan tombol
Shift saat menggambar garis.
11.
Rectangle Tool(R)
Alat
ini digunakan untuk menggambar bentuk persegi dan persegi panjang (kotak). Untuk
menghasilkan gambar kotak sempurna (persegi) dapat dilakukan dengan cara tekan
dan tahan tombol Shift.
12.
Oval Tool (O)
Alat
ini digunakan untuk menggambar bentuk bulat dan oval (ellips). Untuk
menghasilkan gambar bulat/ lingkaran sempurna dapat dilakukan dengan cara tekan
dan tahan tombol Shift.
13.
Primitive Rectangle and Oval (R)
Alat
ini digunakan untuk menggambar obyek persegi dan melingkar dengan properti,
seperti jari-jari sudut atau jari-jari dalam, yang dapat diubah menggunakan
panel Properties.
14.
PolyStar Tool
Alat
ini digunakan untuk menggambar poligon (bagun bersegi) dan bintang.
15.
Pencil Tool (Y)
Alat
ini digunakan untuk menggambar garis dan bentuk tangan secara bebas sesuai
gerakan mouse. Opsi Mode Pensil :
· Straighten/ Luruskan (menggambar
garis lurus),
· Smooth/ Halus (menggambar garis
melengkung halus), dan
· Ink/ Tinta (menggambar secara bebas
tanpa modifikasi).
16.
Brush Tool (B)
Alat
ini digunakan untuk menggambar (melukis) bebas dengan sapuan seperti kuas.
17.
Spray Brush Tool
Alat
ini digunakan untuk menyemprotkan warna dan pola ke obyek. Pola awal berupa
titik dan dapat membuat pola lain menggunakan symbol graphics.
18.
Deco Tool (U)
Alat
ini digunakan untuk mengubah bentuk grafik menjadi pola geometris atau untuk
membuat efek seperti kaleidoskopik.
19.
Bone Tool (M)
Alat
ini digunakan untuk menghidupkan obyek yang memiliki susunan sendi seperti
lengan dan kaki untuk membuat animasi karakter.
20.
Bind Tool
Alat
Ini digunakan untuk menyesuaikan hubungan antara tulang individu.
21.
Paint Bucket Tool (K)
Alat
ini digunakan untuk mengisi bidang gambar yang tertutup dengan warna pada
bagian fill.
22.
Ink Bottle Tool (S)
Alat
ini digunakan untuk mengisi garis tepi atau ketebalan obyek dengan warna pada
bagian stroke.
23.
Eyedropper Tool (I)
Alat
ini digunakan untuk mengambil sampel dengan cara memilih atribut stroke, fill,
dan text sehingga dapat disalin dari satu obyek ke obyek lain.
24.
Eraser Tool (E)
Alat
ini digunakan untuk menghapus obyek fill dan stroke
25.
Hand Tool (H)
Alat
ini digunakan untuk memindahkan Stage di sekitar Pasteboard dengan menyeret
Stage.
26.
Zoom Tool (Z)
Alat
ini digunakan untuk mengubah perbesaran area Stage. Membesarkan dan mengecilkan
area stage dapat dilakukan dengan cara klik kiri atau klik & drag pada obyek
tertentu.
27.
Stroke Color Tool
Alat
ini digunakan untuk mengatur warna stroke (garis tepi) pada sebuah obyek.
28.
Fill Color Tool
Alat
ini digunakan untuk mengatur warna fill (bidang isi dalam) pada sebuah obyek.
29.
Black and White Tool
Alat
ini digunakan untuk mengatur warna stroke menjadi hitam dan warna fill menjadi
putih.
30.
Swap Colors Tool
Alat
ini digunakan untuk menukar warna stroke dan fill.
3. Timeline
Merupakan komponen yang digunakan untuk mngatur
atau mngontrol jalannya animasi. Timeline terdiri dari beberapa layer. Layer
digunakan untuk menempatkan suatu atau beberapa objek dalam stage agar dapat
diolah oleh objek lain. Setiap layer terdiri dari frame - frame yang digunakan
untuk mengatur kecepatan animasi. Semakin panjang frame dalam layer, maka
semakin lama animasinya akan berjalan.
4. Stage
Digunakan untuk memainkan objek - objek yang akan
diberi animasi. Dalam stage kita dapat membuat gambar, teks, memberi warna dan
lain - lain.
5. Panel
Berisi kontrol fungsi yang diapakai dalam flash,
yaitu untuk mengganti dan memodifikasi berbagai properti objek animasi secara
cepat dan mudah.
6. Panel Properties
Panel propeties akan berubah tampilan dan fungsinya
mengikuti bagian mana yang sedang diaktifkan. Misalnya anda sedang mengaktifkan
Line Tool, maka yang muncul pada jendela properties adalah fungsi - fungsi
untuk mengatur line/garis seperti bentuk garis, besarnya garis, dan warna
garis.
7. Library
Panel Library mempunyai fungsi sebagai perpustakaan
simbol/media yang digunakan dalam animasi yang sedang dibuat. Simbol merupakan
kumpulan gambar baik movie, tombol (button), sound, dan
gambar statis (graphic).
Komentar
Posting Komentar